Sabtu, 31 Maret 2012

Catalonia Diakui UEFA dan FIFA

Catalonia Resmi Bergabung Dengan UEFA dan FIFA

Jumat, 19 Agustus 2011, Catalonia resmi bergabung dengan Asosiasi Sepakbola Eropa, UEFA dan federasi sepakbola dunia, FIFA. Negeri pecahan Spanyol ini menjadi anggota ke 209 FIFA. Presiden Catalonia, Artur Mas mengaku sangat puas terhadap keputusan FIFA untuk mengakui Catalonia sebagai negara merdeka dan anggota FIFA. Ia berharap, untuk kedepannya Catalonia dapat berprestasi di kancah persepakbolaan Eropa dan dunia. Kapten FC Barcelona yang juga pemain timnas Catalonia, Carles Puyol menambahkan bahwa dirinya yakin timnas Catalonia akan lebih sukses daripada timnas Spanyol. Timnas Catalonia sendiri akan mengikuti kualifikasi Piala Eropa 2016 dan kualifikasi Piala Dunia 2018. By: Hilarius Widya.

Sebagai negara anggota FIFA, Catalonia sudah seharusnya memiliki kompetisi domestik sendiri. Ketua umum Asosiasi Sepakbola Catalonia/Federació Catalana de Futbol (FCF), Andreu Subies menyatakan bahwa akan segera mendirikan kompetisi sepakbola profesional yang akan dimulai pada musim 2012/13. Kompetisi ini terbagi menjadi dua, yaitu Primera Catalunya dan Copa Catalunya. Liga Primera Catalana sendiri sudah pernah diselenggarakan pada 1903 hingga 1940 dengan nama Campionat de Catalunya. Saat ini, Primera Catalana sendiri telah diselenggarakan dan diikuti oleh tim-tim semi profesional. Sedangkan turnamen terakhir Copa Catalunya berlangsung pada 9 Agustus 2011 lalu dengan RCD Espanyol keluar sebagai juara setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 3-0. Sejumlah klub asal Catalonia telah menyatakan siap untuk mengikuti kompetisi Liga Catalonia musim 2012/13, diantaranya FC Barcelona, RCD Espanyol, Girona FC, Terrassa FC, Gimnastic Tarragona, CE Europa, dan UE Lleida.

Timnas Catalonia sendiri bukanlah sebuah tim baru. Sejak 1904, timnas Catalonia sendiri sudah melakoni lebih dari 200 laga. Mulai 1997, FCF secara rutin mengagendakan uji coba internasional menghadapi negara-negara lain, termasuk dengan Spanyol. Uji coba melawan Argentina di Camp Nou, Desember 2009, berhasil dimenangkanskuad asuhan Johan Cruyff dengan skor 4-2. Pada tanggal 28 Desember 2010, Catalonia dikalahkan Honduras 4-0 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Olímpic Lluís Companys. Timnas yang seragam home-nya mirip dengan kostum Valencia ini juga punya prestasi mentereng, yakni 5 kali menjuarai Copa Príncep d'Astúries (1916, 1917, 1922, 1924, 1926) dan sekali menjadi runner-up (1915).

Dalam starting eleven timnas Spanyol yang menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan sendiri ada sekitar 7 pemain timnas Catalonia, beberapa diantaranya bahkan memegang peran sentral. By: Hilarius Widya. Puyol mencetak gol kemenangan atas Jerman di semifinal, dan Andres Iniesta mencetak gol kemenangan di final. Ini belum menghitung pemain Catalonia yang duduk di bangku cadangan, seperti Víctor Valdés sang kapten La Selecció.

Berikut ini adalah pemain-pemain bintang timnas Catalonia:
Victor Valdes, Xavi Hernandez, Carles Puyol, Cesc Fabregas, Andres Iniesta, Gerard Pique, Raul Tamudo, Albert Luque, Bojan Krkic, Victor Ruiz, Sergio Busquets, Sergio Garcia, Ferran Corominas, Luis Garcia, Hilarius Widya, Joan Verdu, dan Marc Bartra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar